Hantaran listrik Udara Berisolasi

 on Jumat, 20 Maret 2015  

 Hantaran Udara Berisolasi
Hantaran udara yang berisolasi yang digunakan pada instalasi di luar bangunan, direnggangkan di antara tiang-tiang khusus secara langsung atau dengan pemegang yang dirancang khusus untuk pemasangan instalasi tersebut.
Penghantar untuk hantaran berisolasi ini ada yang terbuat dari tembaga atau aluminium. Isolasi dari penghantar ini dapat bermacam-macam jenisnya, misalnya bahan isolasi yang terbuat dari bahan PVC, PE dan XLPE.
Hantaran udara berisolasi ada dua macam yaitu :
- Hantaran udara berisolasi tanpa selubung, sistim ini sering disebut “twisted cable”.
- Hantaran udara berisolasi dan berselubung, sistim ini sering disebut NYMT.

c. Hantaran Udara Berisolasi tanpa Selubung (Twisted Cable)
Twisted Cable dapat juga dibagi dua, yaitu twisted cable yang dengan pelindung/penunjang kawat baja dan tanpa penunjang kawat baja. Twisted cable yang tanpa pelindung/penunjang kawat baja, karena tanpa penunjang, maka penghantar untuk sistim ini harus terbuat dari tembaga keras atau tembaga setengah keras. Twisted cable yang dengan penunjang kawat baja, penghantarnya dibuat dari bahan tembaga lunak atau aluminium, sedang untuk isolasi digunakan bahan dari PVC, PE, XLPE dan harus berwarna hitam.









d. Hantaran Udara Berisolasi dan Berselubung (NYMT) atau yang Sejenis
Hantaran ini selalu berselubung PVC hitam dan mempunyai penunjang kawat baja yang diletakkan sejajar dengan penghantarnya dan dibungkus dengan selubung, sehingga membentuk angka delapan (8). Bahan isolasi yang digunakan untuk hantaran jenis ini selalu memakai antara lain : PVC, PE, XLPE. Sesuai dengan jenisnya dan hantaran ini sudah diberi penunjang kawat baja, maka bahan penghantar untuk jenis ini dapat terbuat dari tembaga lunak atau dari aluminium.

Beban mekanik yang disebabkan adanya effect jaringan akan ditopang pada penghantar netral dengan menggunakan “messenger cable”.

Data Perencanaan
a. Tegangan rentangan dari penghantar netral pada temperatur/suhu 200 C dan keadaan bertiup angin akan memberikan tekanan sekitar 40 h ber pada daerah penghantar tersebut.

b. Kawat jaringan harus mempunyai ketinggian tertentu, tidak boleh terlalu rendah, yang jelas tidak boleh kurang dari 6 meter pada temperatur ruang 600 C, tanpa ada tiupan angin.

Hantaran listrik Udara Berisolasi 4.5 5 om Jumat, 20 Maret 2015  Hantaran Udara Berisolasi Hantaran udara yang berisolasi yang digunakan pada instalasi di luar bangunan, direnggangkan di antara tiang-tia...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.