Jenis Hantaran listrik Udara

 on Kamis, 19 Maret 2015  

a. Hantaran Udara Telanjang
Hantaran ini digunakan untuk saluran udara tegangan rendah maupun tegangan tinggi yang direnggangkan pada isolator-isolator di antara tiang khusus untuk hantaran ini.
Hantaran Udara Telanjang terbagi atas lima jenis :
- BBC setengah keras (Bare Copper Conductor).
- BBC keras (Bare Copper Conductor).
- AAC (All Aluminium Conductor).
- AAAC (All Aluminium Alloy Conductor)
- ACSR (Aluminium Conductor Steel Reinforced).

BBC Setengah Keras
Hantaran ini dibuat dari tembaga elektrolit yang kemurniannya tidak boleh kurang dari 99,90% tembaga.
Hantaran-hantaran ini kemudian dipilin dengan rapat dan rapi menurut peraturan yang berlaku dan tidak boleh ada cacat dan harus bebas dari oksidasi dan Sulfidasi atau bahan kimia lainnya yang merusak.
Tahanan jenis tembaga untuk hantaran ini pada temperatur 20 derajat Celcius tidak boleh lebih dari 0,01704 Ohm mm2 / m, dengan berat jenis (BD) = 8,89.
Tahanan penghantar jenis ini pada temperatur 200C dapat dihitung dengan persamaan sebagai berikut :

R = 103 x 20 x K/S
Di mana :
R = Tahanan penghantar pada 200C (Ohm/Km).
20 = Tahanan jenis penghantar pada 200C.
S = Penampang penghantar (mm2).
K = Suatu faktor yang tergantung dari jumlah kawat yang dipilin,
K = 1,02 untuk penghantar dengan jumlah 7 kawat.
K = 1,025 untuk penghantar dengan jumlah 19 kawat.

BBC Keras
Penghantar ini mempunyai daya hantar jenis sama dengan BBC setengah keras, hanya untuk BBC keras pada temperatur 200C, mempunyai daya hantar jenis yang lebih tinggi, yaitu maksimum 0,01786 Ohm mm2/m. Daya hantar jenis ini dapat dihitung dengan memakai rumus/persamaan biasanya pada temperatur 200C. Daya hantar jenis ini harus mempunyai kuat tarik minimum sebesar 40 Kg/mm2. Kalau kita melihat dari tahanan jenis dan kuat tariknya, maka jelas bahwa BBC setengah keras mempunyai sifat listrik yang lebih baik dari BBC keras, tetapi kalau dalam segi kekuatan mekanisnya kalah baik.

All Aluminium Conductor (AAC)
Penghantar jenis yang ini mempunyai sifat-sifat yang lain yaitu penghantar ini terbuat dari bahan aluminium keras. Tahan jenis kawat ini tergantung dari kemurnian serta kondisi/keadaan fisik dari bahan aluminium itu sendiri.
Untuk maksud-maksud yang tertentu, misal untuk perhitungan maka harga maksimumnya yang diperbolehkan pada temperatur 200C adalah sekitar 0,028264 Ohm mm2/m.
Sedangkan berat jenis dari bahan ini pada temperatur 200C adalah 2,703. Kuat tarik bahan ini minimumnya adalah 7 Kg/mm2.

All Aluminium Alloy Conductor (AAAC)
Alloy di sini adalah merupakan logam campuran jadi bahan untuk penghantar jenis ini adalah terdiri dari campuran-campuran aluminium, magnesium, dan silikon. Tahanan jenis untuk bahan aluminium. Alloy ini juga sangat sekali tergantung dari kondisi fisik dari bahan tersebut dan untuk mengetahui dengan cermat teliti dari pada harga tahan jenisnya tergantung sekali dari tingkat ketelitian pengujian yang dilakukan untuk penghantar tersebut.
Untuk lebih teliti lagi, pertama-tama dilakukan pengukuran tahanan penghantar pada temperatur antara 100 sampai 300C.
Harga tahanan penghantar yang diukur harus dikoreksi dan dibandingkan dengan harga pengukuran pada temperatur 200C
Jadi dengan demikian tahanan jenis pada temperatur 200 C harus dihitung dari harga tahanan penghantar pada temperatur 200 C.
Tahanan jenis pada temperatur 200 C untuk penghantar ini tidaklah boleh lebih dari 0,328 Ohm mm2/m. Kuat tarik minimum yang diperkenankan adalah 30 Kg/mm2.

Aluminium Conductor Steel Reinforced (ACSR)
Bahan untuk membuat penghantar ini terdiri dari aluminium keras dan baja kawat dengan kuat tarik yang tinggi berlapiskan dari seng yang digunakan sebagai pelindung/penunjang.
Sifat-sifat dari bahan aluminiumnya tidak berbeda dengan aluminium yang digunakan pada All Aluminium Conductor (AAC).
Pada kawat aluminium conductor steel reinforced (ACSR), memakai kawat baja yang harus mempunyai syarat-syarat tertentu antara lain :
- Kuat tarik minimum 126,9 Kg/mm2.
- Berat lapisan seng minimum harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Tidak diperkenankan ada sambungan.
- Lapisan seng harus betul-betul lekat dan rata, baik.

Kalau persyaratan-persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka kawat dipilih dengan rapat dan rapi, kawat baja yang sebagai penunjang diletakkan pada posisi di tengah sesuai dengan konstruksi ACSR.
Kuat tarik dari pada aluminium pada jenis kabel ini sama dengan kuat tarik pada kawat aluminium pada AAC.
Jenis Hantaran listrik Udara 4.5 5 om Kamis, 19 Maret 2015 a. Hantaran Udara Telanjang Hantaran ini digunakan untuk saluran udara tegangan rendah maupun tegangan tinggi yang direnggangkan pada isola...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.