Elektromagnetisme dan induksi

 on Kamis, 12 Maret 2015  

Elektromagnetisme
Dapat diperlihatkan bahwa, ketika arus mengalir di dalam sebuah kawat, sebuah medan magnet akan terbentuk di sekeliling kawat. Apabila kawat digulung dan dibentuk menjadi sebuah kumparan, medan magnet yang dihasilkan akan menyerupai medan magnet dari magnet batangan. Medan magnet direpresentasikan oleh garis-garis gaya yang mengindikasikan arah medan di dalam dan di sekitar kumparan.



Induksi
Arus dapat menghasilkan sebuah medan magnet dan hal yang sebaliknya juga berlaku. Pada gambar di bawah, sebuah magnet batangan yang digerakkan masuk ke dalam sebuah kumparan menginduksikan arus pada kumparan:



Arus akan mengalir dan beda tegangan akan dihasilkan hanya ketika magnet berada dalam keadaan bergerak. Apabila kita membiarkan magnet diam, arus akan berhenti. Apabila kita menggerakkan magnet keluar dari (atau menjauhi) kumparan, arus akan mengalir ke arah yang berlawanan. Perhatikan bahwa arus mengalir ke arah yang sama dengan arah aliran pada gambar di halaman sebalah dan pada gambar di atas. Hal ini berarti bahwa arus induksi menghasilkan medan magnet dengan kutub utaranya berada di ujung kumparan yang terdekat dengan magnet. Medan magnet induksi ini berupaya untuk menolak magnet (kutub-kutub sejenis saling tolak-menolak magnet (kutub-kutub sejenis saling tolak-menolak). Medan magnet ini berupaya untuk menghentikan gerakan magnet memasukikumparan.

Medan magnet induksi akan selalu melawan arah gerakan magnet. Ketika kita menggerakkan magnet menjauhi kumparan, arus akan berubah arah dan demikian pula arus medan magnet. Sekarang, kutub selatan medan magnet berada di dekat kutub utara magnet. Kutub-kutub yang berlawanan saling tarik-menarik. Dengan demikian, terdapat sebuah gaya yang berupaya mencegah kita menggerakkan magnet menjauhi kumparan. Ke arah mana pun kita menggerakkan magnet, terdapat gaya yang melawan pergerakan tersebut. Kita harus melakukan kerja otot ekstra untuk dapat menggerakkan magnet. Energi tambahan yang kita gunakan ini dikonversikan menjadi beda tegangan antara ujung-ujung kawat kumparan.

Aktivitas yang harus dilakukan Sambungkan sebuah kumaparan kawat ke sebuah multimeter yang bekerja dengan kisaran pengukuran tegangan yang rendah. Ambillah sebuah magnet batangan dan gerakkan magnet mendekati salah satu ujung kumparan. Cobalah hal ini dengan terlebih dahulu mendekatkan kutub utara magnet batangan ke kumparan, kemudian cobalah dengan mendekatkan kutub selatannya. Biarkan magnet dalam keadaan diam. Gerakkanmagnet menjauhi kumparan. Gerakkan magnet secara perlahanlahan. Gerakkan magnet dengan cepat.
Elektromagnetisme dan induksi 4.5 5 om Kamis, 12 Maret 2015 Elektromagnetisme Dapat diperlihatkan bahwa, ketika arus mengalir di dalam sebuah kawat, sebuah medan magnet akan terbentuk di sekeliling k...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.