Jenis-jenis kapasitor

 on Kamis, 12 Maret 2015  

 Terdapat banyak jenis kapasitor, namun hanya yang paling umum dijumpai akan diuraikan di sini : Poliester: bahan isolator yang digunakan adalah poliester (polyester) yang mampu memberikan nilai kapasitansi yang relatif tinggi. Kedua pelat kapasitor terbuat dari bahan kertas logam (metal foil), atau dapat juga berupa lapisan bahan film yang disuntikkan ke dalam bahan isolator. Tumpukan kedua pelat dengan bahan isolator di antaranya (yang berbentuk seperti roti sandwich sehingga disebutdemikian) dibentuk menjadi sebuah gulungan untuk meminimalkan ukurannya dan dilapisi engan bahan isolasi plastik.

Kapasitor-kapasitor poliester (dua kapasitor yang berada di sebelah kanan dalam foto di atas) adalah kapasitor-kapasitor serba-guna dan sangat umum digunakan. Penggunaan poliestiren sebagai bahan isolator menghasilkan kapasitansi yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan poliester. Akan tetapi, bahan ini dapat menghasilkan nilai toleransi yang lebih rendah, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam aplikasi-aplikasi rangkaian penala (tuning) dan rangkaian tapis (filter). Variabel: kapasitor-kapasitor jenis ini memiliki dua kumpulan (atau set) pelat, di mana pelat-pelat tersebut ditempatkan secara berselingan dan tersambung secara elektris. Salah satu set berada pada posisi tetap. Pelat-pelat pada set lainnya dapat digeser-geser ehingga kita dapat  mengubah jarak antara pelat-pelat kapasitor. Perubahan jarak ini akan mengakibatkan berubahnya nilai kapasitansi.

Kapasitor-kapasitor dengan ukuran yang lebih besar, yang banyak digunakan untuk aplikasi penalaan pada pesawat-pesawat penerima radio, memanfaatkan udara sebagai lapisan isolatornya. Lapisan film plastik digunakan sebagai isolator pada kapasitor-kapasitor trimmer berukuran kecil (sebelah kanan dalam foto di atas). Beberapa kapasitor trimmer memiliki sebuah sekrup yag dpat diputar-putar untuk mengencangkan atau merenggangkan jepitan antara pelat-pelat dan lapisan filmnya, sehingga menyebabkan berubahnya kapasitansi.

Kapasitor-kapasitor elektrolis Kapasitor-kapasitor ini digunakan untuk menyimpa muatan listrik dalam jumlah besar. Kapasitansi dari jenis ini pada umumnya adalah 1 mF atau lebih dan dapat mencapai hingga 10.000 mF. Dua jenis kapaitor elektrolisis yang paling sering digunakan adalah jenis elektrolisis aluminium



Kapasitor-kapasitor elektrolisis dapat menyimpan muatan listrik dalam  jumlah besar selm berjam-jam. Ketika membuat dan menguji sebuah rangkaian listrik, ada resiko bahwa anda akan menderika sengatan listrik apabila anda menyentuh kawat-kawat terminal kapasitor sebelum komponen ini benar-benar telah mengosongkan muatannya. Ketika menyimpan sebuah kapasitor elektrolisis berukuran besar, pilinlah kedua kaki terminalnya menjadi satu sehingga kapasitor tidak dapat mengisi kembali muatannya.   Kapasitor jenis ini memiliki terminal positif dan terminal negative, kedua terminal ini harus disambungkan dengan polaritas yang benar. Apabila kapasitor elektrolisis ini disambungkan dengan polaritas yang keliru, akan  terbentuk gas di dalamnya dan hal ini dapat mengakibatkan kapasitor meledak. Kapasitor-kapasitor dari tipe butir tantalum dibuat dengan nilai-nilai kapasitansi yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe elektrolisis aluminium. Akan tetapi, jenis ini pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga sangat berguna dalam aplikasi-aplikasi yang melibatkan keterbtasan ruang.
Jenis-jenis kapasitor 4.5 5 om Kamis, 12 Maret 2015  Terdapat banyak jenis kapasitor, namun hanya yang paling umum dijumpai akan diuraikan di sini : Poliester: bahan isolator yang digunakan a...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.