Jelaskan tentang Transformator?

 on Jumat, 13 Maret 2015  

Sebuah transformator (atau disebut juga trafo) terdiri dari dua buah kumparan yang dililitkan pada sebuah inti. Inti trafo ini dibentuk dari lapisan lapisan besi' Kumparan-kumparan yang digunakan pada trafo pada umumnya memiliki jumlah lilitan yang jauh lebih banyak daipada yang diperlihatkan dalam gambar. Ketika arus mengalir melewati kumparan primer, akan dihasilkan sebuah medan magnet. Inti besi trafo menyediakan sebuah jalur untuk dilalui oleh garis-garis gaya magnet sehingga hampir semua garis gaya yang terbentuk dapat sampai ke kumparan sekunder. Induksi terjadi hanya ketika terdapat suatu peruahan pada medan magnet. Dengan demikian, sebuah transformator tidak dapat bekerja dengan arus DC. Ketika arus Ac mengalir melewati kumparan primer, dibangkitkanlah sebuah medan magnet bolakbalik. Medan magnet ini akan menginduksikan arus bolak-balik pada kumparan sekunder.

Aturan-aturan transformator
Frekuensi: frekuensi dari arus AC yang diinduksikan adalah sama dengan frekuensi arus AC yang menginduksikan. Amplitudo: apabila VP adalah amplitudo tegangan pada kumparan primer, dan VS adalah amplitudo tegangan pada kumparan sekunder,maka :



Contoh
Sebuah transformator memiliki 50 lilitan pada kumparan primernya dan 200 lilitan pada kumparan sekundernya. Amplitudo tegangan AC primer adalah 9V. berapakah amplitudo tegangan AC sekunder? Menyesuaikan persamaan di atas untuk mendapatkan nilai VS,
menghasilkan persamaan:



Aplitudo tegangan pada kumparan sekunder adalah 36V. Perhitungan di atas mengasumsikan bahwa transformator bekerja pada tingkat efisiensi 100%.
Jelaskan tentang Transformator? 4.5 5 om Jumat, 13 Maret 2015 Sebuah transformator (atau disebut juga trafo) terdiri dari dua buah kumparan yang dililitkan pada sebuah inti. Inti trafo ini dibentuk dari...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.