Bagaimana Menentukan ukuran konduktor?

 on Rabu, 18 Maret 2015  

Menentukan ukuran konduktor
Konduktor dapat merupakan salah satu komponen biaya yang tinggi dalam sistem transmisi energi listrik. Pemilihan ukuran konduktor dilakukan untuk meminimalisaisi biaya yang dibutuhkan dan kehilangan daya yang diakibatkannya. Biaya besar yang seharusnya tidak diperlukan dapat terjadi dengan pemilihan konduktor yang terlalu besar, apalagi dengan konduktor yang lebih besar akan lebih berat dan struktur penyangga juga harus lebih kuat yang pada akhirnya manambah pekerjaan dan biaya. Ada beberap pertimbangan dalam menentukan ukuran konduktor yang akan digunakan untuk transmisi dan distribusi tenaga listrik, diantaranya adalah :

Besarnya arus yang mengalir dalam konduktor
Arus yang mengalir sebanding dengan daya yang dihasilkan dan ditransmisikan dengan mengikuti persamaan.
P = √3 x VL x IL x Cos φ (daya untuk 3 fasa)
Semakin besar arus maka konduktor yang diperlukan akan semakin besar pula. Periksa tabel daya hantar kabel sesuai jenis dan ukurannya sebelum menentukan ukuran kabel.

Jarak antara pembangkit dengan pusat beban
Hal ini adalah berkaitan dengan tegangan jatuh (voltage drop). Semakin jauh beban dari pembangkit maka akan semakin besar tegangan jatuh, hal ini disebabkan resistansi dalam konduktor. Semakin kecil penghantar maka resistansi akan semakin besar. Sehingga semakin jauh jarak yang ditransmisikan maka konduktor yang dibutuhkan akan semakin besar untuk mengurangi tegangan jatuh tersebut.

Perkiraan peningkatan beban
Besarnya penghantar harus disesuaikan dengan kemungkinan peningkatan beban dimasa yang akan datang yang mana akan menyebabkan meningkatnya arus yang mengalir.



Kehilangan daya
Semakin besar arus yang mengalir dan semakin besar resistansi kabel akan mengakibatkan semakin besarnya kehilangan daya. Sesuai dengan persamaan :
P = I2 x R
Dimana P = kehilangan daya, I = arus yang mengalir dan R = resistansi penghantar

Bagaimana Menentukan ukuran konduktor? 4.5 5 om Rabu, 18 Maret 2015 Menentukan ukuran konduktor Konduktor dapat merupakan salah satu komponen biaya yang tinggi dalam sistem transmisi energi listrik. Pemiliha...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.