Distribusi daya listrik PLN

 on Jumat, 13 Maret 2015  

Daya listrik PLN (mains power) dibangkitkan di stasiun-stasiun pembangkit listrik, sebagaimana dijelaskan dalam Topik 6. Di Inggris, daya listrik dari perusahaan-perusahaan listrik (di Indonesia hanya ada PLN) didistribusikan ke rumah-rumah, pusat-pusat perkantoran, pertokoan, pabrik-pabrik dan tempattempat lainnya rnelalui apa yang disebut sebagai National Grid (di Indonesia melalui jaringan distribusi PLN). National Grid adalah suatu jaringan kabel listrik yang meliputi seluruh wilayah negeri. Stasiun-stasiun pembangkit listrik memasok.energi listrik ke Grid, besarnya pasokan yang diberikan bergantung pada kebutuhan energi lokal.
Kabel-kabel yang digunakan di dalam jaringan National Grid memiliki inti konduktor tembaga atau aluminium yang berukuran tebal, sehingga, dari segi luas permukaan penghantar, tahanan listrik kabel adalah rendah. Akan tetapi, kabel-kabel ini membentang sejauh berkilo-kilo meter dan ini menjadikan tahanan listrik kabel secara keseluruhan cukup besar. Ketika arus listrik mengalir melewati kabel timbullah rugi-rugi daya. Sebagian dari energi listrik akan berubah menjadi panas dan  terserap ke lingkungan sekitarnya.

Besarnya rugi-rugi daya sebanding dengan nilai kuadrat arus (lihat halaman sebelah). Untuk menjadikan rugi-rugi daya sekecil mungkin, arus yang digunakan juga harus dipertahankan sekecil mungkin. Untuk suatu jumlah daya tertentu, agar kita dapat menjadikan arus sekecil mungkin maka tegangan yang digunakan haruslah sebesar mungkin.


Energi listrik didistribusikan melalui kabel-kabel daya bertegangan-tinggi. Kabel-kabel ini dapat dipasang di bawah tanah atau dibentangkan di atas permukaan tanah dengan dukungan tiang-tiang lisuik (lihat foto di atas). Kabel-kabel daya harus dipasang di bawah tanah di daerah-daerah yang telah mapan pembangunannya, namun pemasangan kabel-kabelsemacarn ini membutuhkan biaya yang lebih mahal. Selain itu, terdapat juga kesulitan-kesulitan dalam menentukan jalur kabel melewati daerah-daerah di mana saluran-saluran air, saluransaluran gas, dan parit-parit bawah tanah (sewer) telah terpasang terlebih dahulu. Secara relatif adalah lebih murah untuk memasang kabel-kabel di atas tiang-tiang listrik, yang memang merupakan alternatif terbaik untuk daerah-daerah pedesaan yang membentang sejauh berkilo-kilo meter. Sayangnya, kebanyakan orang berpendapat bahwa keberadaan tiang listrik merusak keindahan lingkungan.
Distribusi daya listrik PLN 4.5 5 om Jumat, 13 Maret 2015 Daya listrik PLN (mains power) dibangkitkan di stasiun-stasiun pembangkit listrik, sebagaimana dijelaskan dalam Topik 6. Di Inggris, daya l...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.