Apa Sifat mekanik dan penggunaan besi tuang kelabu?

 on Senin, 16 Februari 2015  

Besi Tuang Kelabu
Besi tuang kelabu adalah besi tuang yang paling banyak digunakan, berbeda dengan besi tuang malleabel, grafit pada besi tuang kelabu terbentuk pada saat pembekuan, proses grafitisasi ini didorong oleh tingginya kadar karbon. Grafit merupakan bagian terlemah dalam

besi tuang, kekuatan besi tuang sangat tergantung kekuatan dari matriksnya, matrik ini tergantung apada kondisi dari semenrtit pada autektoid, bila komposisi dan laju pendinginan diatur sedemikian rupa, sehingga sementit pada eutectoid juga akan menjadi grafit. Maka struktur dari matrik sepenuhnya ferrit.
 Perlakuan panas besi tuang kelabu
Besi tuang mengalami pemanasan biasanya jauh di bawah daerah temperatur kritis, temperatur transformasi perlit menjadi austenit, yaitu sekitar 510-565˚C dengan pemanasan selama 1 jam pada temperatur tersebut akan menghilangkan 75-85% dari tegangan yang diinginkan.

Annealing pada temperatur 710-800˚C akan meningkatkan kemampuan mesin. Pada temperatur ini sementit yang akan berdekomposisi menjadi grafit dan ferrit. Besi tuang harus berada pada temperatur ini dalam waktu yang cukup panjang sehingga dapat terjadfi grafitisasi yang sempurna.
Normalising dilakukan untuk memperbaiki sifat mekanik atau untuk mengembalikan sifatnya semula, yang berubah akibat proses perlakuan panas sebelumnya. Normalizing dilakukan dengan memanaskan besi tuang di atas temperatur tranformasi, ditahan kurang lebih 1 jam/in tebal benda, lalu didinginkan dengan udara diam.

 Ukuran dan distribusi dari grafite flakes
Grafit berbentuk flake dengan ukuran yang besar akan memutuskan kontinyuitas matrik, akibatnya menurunkan kekuatan dan keuletan besi tuang kelabu flake dengan ukuran

kecil tidak terlalu berpengaruh buruk, karenanya biasanya banyak diinginkan. Ukuran flake dapat ditetapkan dengan cara membandingkan dengan suatu ukuran standar yang sudah ditetapkan bersama antara AFS dan ASTM yaitu dengan mengukur panjang grafit flake yang terpanjang dari besi tuang kelabu. Dengan menambah jumlah silikon maka jumlah eutectic yang terjadi juga akan bertambah dan memperkecil ukuran flake mengingat bahwa silikon adalah unsur yang mendorong grafitisasi. Cara terbaik untuk memperkecil ukuran grafit dan memperbaiki penyebarannya ialah dengan menambahkan jumlah bahan yang di kenal sebagai innoculen.

Sifat mekanik dan penggunaan besi tuang kelabu
Kekuatan tarik merupakan sifat yang penting dalam memilih besi tuang untuk bagian konstruksi yang akan menerima beban tarik. Kekerasan dari besi tuang kelabu merupakan harga rata-rata dari grafit yang lunak dan matriknya.

Komposisi juga merupakan pengaruh terhadap kekerasan, kadar karbon, dan silikon yang makin tinggi akan menurunkan kekerasan, walaupun pengaruhnya tak sebesar pengaruh terhadap kekuatan tarik. Karena besi tuang kelabu adalah jenis benda tuangan yang paling murah maka bila diperlukan benda tuangan kelabu merupakan pilihan pertama logam lain dapat dipilih bila sifat mekanik dan sifat fisik dari besi tuang kelabu tidak memenuhi syarat.
Apa Sifat mekanik dan penggunaan besi tuang kelabu? 4.5 5 om Senin, 16 Februari 2015 Besi Tuang Kelabu Besi tuang kelabu adalah besi tuang yang paling banyak digunakan, berbeda dengan besi tuang malleabel, grafit pada besi t...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.