Besi tuang paduan dapat dipakai untuk grafitisasi apa saja?

 on Senin, 16 Februari 2015  

Besi Tuang Paduan
Besi tuang paduan adalah besi tuang yang mengandung satu atau beberapa unsur paduan dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan modifikasi terhadap sifat fisik maupun mekaniknya. Unsur paduan yang sering dipakai dalam grafitisasi:

d. Krom
Krom akan memperbanyak jumlah karbon yang terikat yaitu dengan membentuk karbida kompleks krom-besi, penambahan sedikit krom akan menaikkan kekuatan, kekerasan, tahan aus, tahan panas tapi kemampuan mesin nya menurun

e. Tembaga
Tembaga bertindak sebagai grafitisert, tapi kemampuannya hanya seperlima dari silikon, kadar tembaga biasanya antara 0,25-2,5% tembaga cendereung memecah karbida yang besar menjadi lebih halus dan akan memperkuat matrik.

f. Molybden
Molybden akan memperbaiki sifat mekanik, biasanya di tambahkan0,25-1,25% dan pengaruhnya sama seperti terhadap baja, kekerasan besi tuang menjadi lebih baikmencegah terjadinya Distorsi dan retak pada besi tuang.

g. Vanadium
Vanadium unsur pembentuk karbida yang sangat kuat, dan menghallangibentukan grafit dengan menambah 0,10-0,25%%V akan menaikkan tensiule strength, tranverse strength, dan kekerasan
h. Nikel
Nikel adalah unsur yang mendorong pembentukan grafit, tapi kekuatannya separuh dari silikon. Nikel pada besi tuangh dimaksudkan untuk mengontrol struktur mikro yaitu dengan menghalangi tranformasi austenit, menstabilkan perlit dan mempertahankan jumlah karbida.

i. Silikon
Silikon merupakan unsur yang sangat penting dalam pembuatan besi tuang, ia menaikkan tingkat keenceran dari cairan besi sehingga mudah dituang ke dalam cetakan yang tipis dan rumit. Silikon adalah unsur yang mendorong pembentukan grafit pada besi tuang, selama pembakuan dengan adanya silikon karbon kan membeku sebagai grafit yang berbentuk flake. Bentuk ini hanya bisa dirubah dengan cara mencairkan kembali.

j. Sulfur
Sulfur berlawanan dengan silikon, sulfur akan mendorong terbentuknya karbida, dalam jumlah yang cukup besar sulfur akan menyebabkan besi tuang menjadi besi tuang putih yang sangat keras dan getas.
k. Mangan
Mangan mendorong pembentukan karbida, tapi tak sekuat sulfur. Bila jumlah mangan yang diguanakan untuk pembentukan MnS, maka mangan tersebut mengurangi pengaruh sulfur dalam pembentukan karbida

l. Phosphor
Phosphor menaikkan fluidity dan memperluas daerah pembakuan eutektik, juga untuk mendorong pembentukan grafit, bila kadar silikon cukup tinggi dan kadar phosphor rendah, phosphor diperlukan bila harus menuang benda tuang dengan dinding tipis.
Besi tuang paduan dapat dipakai untuk grafitisasi apa saja? 4.5 5 om Senin, 16 Februari 2015 Besi Tuang Paduan Besi tuang paduan adalah besi tuang yang mengandung satu atau beberapa unsur paduan dalam jumlah yang cukup untuk menghas...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.