Pemeriksaan Jet (Pengabut) Karburator
Periksa jet-jet karburator dari kerusakan, kotoran atau tersumbat.Jet-jet yang diperiksa antara lain:
a. Pilot Jet/idle jet (spuyer/pengabut putaran langsam/stasioner)
b. Main Jet (spuyer utama)
c. Main Air Jet (spuyer saluran udara utama)
d. Pilot Air Screw (sekrup penyetel udara putaran langsam/stasioner)
e. Float (pelampung)
f. Needle valve (jarum Pelampung)
g. Starter Jet/cold star jet (spuyer saat mesin dingin)
h. Gasket dan O-ring
i. Lubang by pass dan pilot outlet
Bersihkan komponen-komponen di atas jika kotor atau tersumbat dan ganti jika sudah rusak.
Pemeriksaan Jarum Pelampung
- Bila diantara dudukan dan jarum terdapat benda asing, bahan bakar (bensin) akan terus mengalir dan mengakibatkan banjir.
- Bila dudukan dan jarum sudah termakan/aus, gantilah keduaduanya
- Sebaliknya bila jarum tidak mau bergerak, maka bahan bakar tidak dapat turun.
- Bersihkanlah ruang pelampungnya dengan bensin.
- Bila jarum pelampung cacat seperti terlihat pada gambar di bawah, ganti dengan yang baru.
- Bersihkan saluran-saluran bahan bakar dan ruang pencampur dengan angin kompresor.
Kondisi jarum yang bagus Dengan yang tidak bagus |
Pemeriksaan Tinggi Pelampung
Untuk mengetahui tinggi pelampung maka:a. Buka dan balikan karburator dengan arm (lengan) pelampung bebas.
b. Ukurlah tinggi dengan menggunakan varnier caliper/jangka sorong atau alat pengukur pelampung (float level gauge) saat lidah pelampung menyentuh dengan ujung jarum (needle valve).
Contoh pengukuran tinggi pelampung pada Honda Astrea |
- Ukuran spesifikasi tinggi pelampung berbeda antara merk sepeda motor satu dengan lainnya. Lihat buku manual masing-masing untuk memastikan ukuran tersebut.
- Pada sebagian merk sepeda motor (misalnya Honda) tinggi pelampung tidak dapat disetel. Ganti pelampung secara keseluruhan (set) jika tinggi pelampung sudah tidak sesuai dengan spesifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar