kondisi-kondisi pengelasan las titik

 on Kamis, 02 April 2015  

KONDISI – KONDISI PENGELASAN
Ada banyak factor terkait dalam menghasilkan sebuah las titik (spot weld)yang baik. Khususnya yaitu, tekanan arus listrik pengelasan, dan tempo pengelasan mempunyai efek paling besar pada hasil pengelasan.  Factor – factor lain adalah kondisi ujung – ujung elektroda dan logam dasar.


(1) TEKANAN
Pemakaian tekanan mempunyai fungsi menjamin bahwa arus dari ujung – ujung elektroda adalah secara benar ditransfer kelogam – logam dasar tanpa menimbulkan kilap permukaan (surface flash) atau pengeluaran paksa (expulsion *1). Lebih dari itu, tekanan bertindak menjaga logam – logam dasar berhubungan dengan mantabsatu dengan yang lain logam las-las-an memadat. Keterangan berikut menunjukkan apa yang terjadi ketika tekanan dimodifikasi, sementara sejumlah arus yang stabil diberikan :

1. Bila tekanan terlalu kecil, arus yang dikonsumsi saat sedang ditransfer dari elektroda – elektroda ke logam dasar, tidak meninggalkan arus yang cukup untuk keberhasilan pengelasan pada logam dasar secara bersamaan, juga kurangnya tekanan ini dapat mengakibatkan percikan bunga api antara logam dasar dan ujung elektroda (burr) pada permukaan – permukaan tersebut.

2. Ketika arus listrik dihantarkan dengan pemakaian tekanan yang sesuai, maka arus akan dikonsumsi area sambungan yang mempunyai tahanan paling besar. Ini menghasilkan suatu pengelasan yang baik bagi logam dasar.

3. Bila tekanan terlalu besar, logam – logam dasarnya masuk berkontak dengan permukaan yang lebih luas. Dalam situasi ini, arus listrik dan panas yang terjadi didistribusi melintasi permukaan. Sebagai akibatnya, area laslasan yang melebihi titik lebur terbatas. Ini menyebabkan gumpalannya menjadi kecil dan kekuatan las menjadi berkurang.

(2) Arus Pengelasan (Welding Current)
Diameter gumpalan/nugget membesar karena arus yang dipakai meninggi mengakibatkan peningkatan kekuatan las. Bila arus dinaikkan lebih jauh, pengeluaran paksa/ekspulsi akan terjadi. Bagaimanapun juga dengan pemakaian tekanan yang lebih besar pada saat ini, area pengelasan melalui arus listrik mengalir akan bertambah dan ekspulsi tidak akan terjadi. Jadi ekspulsi terjadi ketika arus terlalu besar terhadap tekanan atau sebaliknya, bila tekanan atau terlalu kecil bagi arus. Sebagai hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara arus dan tekanan, adalah penting untuk membuat keseimbangan yang tepat antara kedua factor tersebut




3) Waktu Pengelasan (Welding Time)
Makin lama makin besar panas yang dibangkitkan dan gumpalannya/nugget makin besar. Bagaimanapun, banyak panas yang menyebar dalam elektroda – elektroda atau diarea sekeliling las-lasan yang meningkat sebanding dengan tempo pengelasan. Akan ada sebuah titik dimana suhu pengelasan akan mencapai titik kejenuhannya (saturation point), bila tempo pengelasan diperpanjang melebihi titik jenuh ini, maka gumpalan nugget tidak akan menjadi lebih besar lagi dan itu bahkan membuat pengumpulan/lekukan (indentation) dan distorsi/perubahan panas yang mempengaruhi tampilan dari sambungan tersebut.




(4) Kondisi Ujung Elektroda
Untuk membuat pengelasan yang baik maka diperlukan untuk ujung – ujung elektroda yang sesuai dengan ketebalan logam dasar, seperti yang diperlihatkan ditabeh dibawah ini. Ujung – ujung elektroda menjadi terbakar dan kotor dalam pemakaian. Bila ujung – ujung ini terlalu kotor, maka ketahanan antara ujung – ujung elektroda dan logam dasar meningkat, sehinggga menghalangi sampainya sejumlah arus yang diperlukan untuk peleburan logam dasar pada aliran. Bila ujung – ujung elektroda digunakan terus – menerus dalam kondisi kotor, maka ujung – ujung ini sendiri akan terlalu panas dan keausan yang lebih dini dari seharusnya (contoh terjadi deformasi), dan tahanan listriknya akan meningkat. Ini mengakibatkan, kekuatan las yang sebanarnya tidak dapat diperoleh. Untuk alasan ini, kondisi elektroda harus selalu dimonitor dengan cermat selama pengelasan titik, dan sebuah pemotong ujung (sebuah alat untuk membentuk ujung) digunakan untuk membentuk kembali ujung – ujung pada suatu diameter yang sesuai bila diperlukan. Juga, pengelasan harus dihentikan setelah beberapa titik las telah dibuat dengan tujuan mendinginkan ujung – ujung elektroda dengan semprotan udara atau air.

kondisi-kondisi pengelasan las titik 4.5 5 om Kamis, 02 April 2015 KONDISI – KONDISI PENGELASAN Ada banyak factor terkait dalam menghasilkan sebuah las titik (spot weld)yang baik. Khususnya yaitu, tekanan a...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.