Prinsip dan karakteristik las oxyacetylene.

 on Selasa, 31 Maret 2015  

Prinsip dan karakteristik las oxyacetylene.
Kata “las”diartikan sebagai proses penyambungan logam atau paduan logam dalam keadaan lumer atau cair.untuk mencairkan bagian logam/ paduan logam yang akan disambung tersebut dengan menggunakan panas. Dengan demikian mengelas merupakan kegiatan untuk memadukan bagian dua buah logam atau lebih dengan menggunakan energy panas dan melebur bersama untuk membentuk bangun suatu bentuk yang dimaksudkan.Pengelasan pada umumnya dibagi kedalam tiga type:Las tekan,las lebur dan las kuningan/solder (pressure,fusion and braz welding).masing-masing type ini lebih lanjut dibagi lagi menjadi macam-macam metode seperti disebutkan dibawah ini.

● Las Tekan (Pressure Welding)
Dalam hal ini,panas diberikan pada lempengan logam dan menjadi lunak,tekanan dilakukan untuk menyambung lempengan/pelat bersamaan,satu type dari las tekan adalah las tahanan listrik, yang sangat diperlukan dalam pabrik perakitan dan reparasi kendaraankendaraan.

● Las Lebur (Fusion Welding)
Dalam hal ini,lempengan/pelat logam yang akan disambung dipanaskan dahulu sampai lebur/lumer bersamaan tanpa sedikitpun menggunakan tekanan. Metode pemanasan yang dipergunakan adalah las busur cahaya dan gas (arc and gas welding).


● Las Kuningan/Solder (Braze Welding)
Sebagai ganti peleburan lempengan logam dengan melumerkanya, metode ini mencakup penyambungan pelat logam dengan meleburkan (melting) suatu logam (logam pengisi) yang titik leburnya lebih rendah. Metode ini disebut las kuningan keras,tergantung pada suhu logam pengisi yang digunakan. Disebut “kuningan lunak”jika titik lebur bahan logam pengisi yang dipakai dibawah suhu 450°C (840°F), dan “kuningan keras” jika suhu tersebut lebih dari 450°C (840°F).

Pengelasan banyak digunakan dalam prakteknya disemua industry dan juga menjadi sangat diperlukan pada reparasi bodi kendaraan. Karakteristik utama pengelasan diperlihatkan dibawah ini:
- Mampu mengerjakan potongan/satuan dari macam-macam bentuk dan membangun bentuk
   tersebut menjadi sambungan yang kokoh dan terpadu dengan baik.
- Berat dikurangi.
- Membentuk kerapatan terhadap udara dan air yang tinggi.
- Meningkatkan efisiensi produksi.
- Kekuatan sambungan dipengaruhi oleh keahlian diri si pengelas.
- Panel-panel disekeliling akan menjadi rusak bila terlalu banyak panas yang digunakan.
Prinsip dan karakteristik las oxyacetylene. 4.5 5 om Selasa, 31 Maret 2015 Prinsip dan karakteristik las oxyacetylene. Kata “las”diartikan sebagai proses penyambungan logam atau paduan logam dalam keadaan lumer ata...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.