Dongkrak dioperasikan dengan dua cara yaitu?

 on Rabu, 25 Februari 2015  

Mekanis. Dongkrak mekanis menggunakan sejumlah roda gigi (gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban berat. Misalnya, bila operator menggunakan gaya lima kilo, gaya tersebut akan ditingkatkan oleh gear dalam dongkrak naik sehingga operator tersebut
dapat mengangkat beban hingga 2 ton.  Hidrolik. Dongkrak hidrolik menggunakan pompa oli untuk menekan oli di dalam dongkrak. Gaya yang diberikan oleh operator akan meningkat dari ram ke ram.

Bila kita mempunyai dua silinder yang berhubungan; satu silinder dengan luas penampang 1cm persegi, dan luas penampang yang kedua 10 cm persegi, dan bila silinder yang luas penampangnya 1cm digerakkan kebawah 10 cm, maka silinder yang memiliki luas penampang 10 cm akan bergerak naik 1 cm. Bila silinder 1 cm diberi gaya 10 kg, maka akan dihasilkan gaya angkat 100 kg pada silinder 10 cm. Jadi kita dapat mengangkat 100 kg beban dengan menggunakan tenaga 10 kg.

Dongkrak hidrolik berukuran kecil mempunyai sebuah pompa silinder yang kecil untuk mengangkat silinder yang besar. Oli hidrolik dimasukkan kedalam dongkrak dan gerakan diantara silinder dikontrol dengan valve yang pada saat disetel hanya akan membuat oli mengalir dalam satu arah saja. 

Dongkrak tersebut biasanya mempunyai adjustable threaded center piece untuk menyetel ketinggian. Jenis dongkrak hidrolik ini juga dinamai dongkrak botol (bottle jack) karena bentuknya yang menyerupai botol. Dongkrak botol ini mempunyai valve yan disebut control valve. Sewaktu valve ini ditutup dan dongkrak tersebut dipompa, ram akan bergerak keatas dan mengangkat beban. Sewaktu control valve dibuka, ram tersebut akan bergerak kebawah menurunkan beban.

Dongkrak dioperasikan dengan dua cara yaitu? 4.5 5 om Rabu, 25 Februari 2015 Mekanis. Dongkrak mekanis menggunakan sejumlah roda gigi (gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban berat. M...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.