Apa pengertia Service Literature Utilize?

 on Rabu, 25 Februari 2015  

Pengertian Literatur adalah bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. Literatur ini mirip dengan daftar pustaka atau referensi. Jika anda kebingungan untuk mencari materi dari suatu ilmu pengetahuan, maka anda akan mencari referensi ke sumber lain. Referensi ke sumber lain itulah yang dinamakan literatur. Bentuk dari literatur bisa berupa softcopy atau hardcopy. Yang dimaksud softcopy adalah materi atau referensi yang berbentuk data komputer, sedangkan hardcopy adalah materi atau referensi yang berbentuk buku dan telah tercetak di kertas.

Menurut ALA Glosary of Library and Information Science (1983), Literatur adalah bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktivitas baik secara intelektual maupun rekreasi. Sementara itu yang dimaksud dengan literatur dalam pembahasan kita adalah seluruh informasi yang berhubungan dengan peralatan, perlengkapan

dan spare part dari sebuah produk akan diinformasikan kepada yang
berkepentingan dalam bentuk:
 Dicetak
- Buku
- Manual
- Majalah

 Literatur berformat non buku adalah sebagai berikut:

- Piringan hitam
Piringan hitam biasanya pada umumnya memuat rekaman musik. Akan tetapi piringan hitam dapat pula memuat hal-hal seperti pelajaran, cerita, dan sebagainya. Piringan hitam banyak digunakan sebagai bahan perpustakaan bagi tuna netra.

- Pita rekaman
Pita rekaman dapat digunakan untuk merekam. Pita rekaman sudah jarang digunakan sejak pita kaset yang lebih praktis umum digunakan orang.

- Kaset
Kaset adalah bentuk pita rekaman yang praktis, bentuknya kecil sehingga mudah dibawa. Kaset dapat digunakan untuk merekam musik, pelajaran, cerita dan lain - lain. 

- Laser Disk
Laser disk digunakan untuk merekam suara maupun gambar.
- Film
Film termasuk bahan perpustakaan yang mahal, baik harga maupun biaya pemeliharaannya.

- Filmstrip
Slide

- Mikrofilm
Mikrofilm dapat merekam sampai sebesar 1 halaman surat kabar. Setiap rol panjangnya 100 kaki dapat memuat 600 frame. Biasanya digunakan untuk merekam surat kabar, buku ataupun naskah kuno.

- Mikrofish
Mikrofis sistemnya sama dengan mikrofilm, akan tetapi bahan mikrofis berupa lembaran sebesar kartu pos. Digunakan untuk merekam buku maupun dokumen. Setiap lembar mikrofis dapat memuat 60 – 300 halaman.

- Video
Video banyak digunakan karena sifatnya sama dengan film, akan tetapi harganya jauh lebih murah.

- CD (Compact Disk)
• CD
• VCD
• DVD
• CD-ROM
- Internet dan lain - lain
Apa pengertia Service Literature Utilize? 4.5 5 om Rabu, 25 Februari 2015 Pengertian Literatur adalah bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.