Sebutkan Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya?

 on Sabtu, 11 Juli 2015  

Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya
a) Traktor roda krepyak (crawler tractor)
 Standard crawler trator
Traktor ini mempunyai ground preassure (tekanan ke tanah) yang kecil (0,8 kg/cm2), sehingga kemungkinan traktor terbenam ke dalam tanah kecil. Sering digunakan untuk meratakan atau menimbun tanah pada pekerjaan pembukaan hutan.

Low Ground Preassure Tractor (LGP)
Traktor ini digunakan pada tanah yang agak lembab. Ground preassurenya sebesar 0,6 kg/cm2. GP sebesar itu diperoleh dengan memperlebar trak (luasan kontak roda dengan tanah) dan menghilangkan komponen-komponen yang kurang bermanfaat.
 
 Swam Crawler Tractor
Traktor jenis ini mempunyai Ground preassure sebesar 0,5 kg/cm2. Sehingga traktor jenis ini mampu digunakan di rawa-rawa.

 Extra Swam Crawler Tractor
Ground preassure traktor jenis ini sebesar 0,25 kg/cm2, sehingga dapat digunakan pada tanah yang sangat lembek/basah.

Special Application Crawler Tractor
Traktor ini digunakan untuk menarik peralatan pertanian yang berat.

Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya

Traktor Roda Karet (Ban)
Single Axle
Traktor ini mempunyai satu poros roda (dua roda) sering disebut dengan traktor tangan dan dayanya kurang dari 12,5 HP. Cara mengendalikannya : operator tidak naik di atas traktor, tetapi berjalan dibelakang traktor.

 Double Axle
Three cycle tractor (traktor roda tiga) Roda depan terdiri dari satu roda atau dua roda yang dipasang secara berhimpitan dan roda belakang dua buah. Traktor ini cocok untuk pekerjaan penanaman, pemeliharaan tanaman atau panen.
 
 Four wheel tractor (traktor roda empat)
Traktor ini mempunyai empat roda yang masing-masing dua pada poros depan dan dua pada poros belakang. Cocok untuk menarik beban berat misalnya untuk pengolahan tanah (pembajakan, penggaruan). Berdasarkan dayanya dibedakan menjadi :
1. Mini traktor : berdaya 12,5 – 30 HP
2. Traktor besar : berdaya lebih dari 30 HP
Pada saat beroperasi, berat traktor roda bertumpu pada roda belakang sebesar 70 – 80 % dari berat totalnya (berat dinamis traktor). Sedangkan untuk roda depan 20 – 30 % dari berat totalnya

Sebutkan Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya? 4.5 5 om Sabtu, 11 Juli 2015 Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya a) Traktor roda krepyak (crawler tractor)  Standard crawler trator Traktor ini mempunyai grou...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.