Apa jenis material yang mempengaruhi gesekan

 on Selasa, 17 Februari 2015  

Bearing Seal Dan Gasket
Dalam sebuah pergerakan, gesekan merupakan hal yang lumrah terjadi. Gesekan adalah gaya yang melawan gerakan suatu permukaan di atas permukaan lain. Sehingga jenis permukaan memiliki pengaruh terhadap gesekan. Permukaan yang kasar akan menghasilkan gesekan yang lebih besar daripada permukaan yang halus.

Gesekan tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa dikurangi dengan menggunakan pelumasan, bearing dan penggunaan gear. Gesekan tidak selalu menimbulkan kerugian karena terdapat beberapa bagian yang menggunakan gesekan sebagai bagian dari fungsinya, seperti rem, dimana gesekan diperlukan untuk mengurangi putaran.

Jenis Material Yang Mempengaruh Gesekan
Sejumlah material memiliki permukaan kasar dan oleh karenanya menimbulkan gesekan, dan sejumlah material tertentu memiliki sifat-sifat gesekan yang lebih besar daripada yang lainnya. Permukaan bagian mesin bisa memiliki berbagai derajat kehalusan, tergantung pada kegunaan bagian mesin tersebut. Jurnal cranckshaft sebagi luncuran bearing harus dikikir sampai memiliki surface finish yang halus untuk mengurangi gesekan sebesar mungkin, sedangkan bagian mesin yang dibuat hanya untuk penampilannya memiliki surface finish yang relative lebih kasar

Gesekan bisa menimbulkan kerugian di berbagi bagian, dan kita bisa menguranginya dengan berbagai cara. Pada bagian-bagian yang berputar pada kendaraan bermotor, ada gesekan yang harus dikurangi. Ada pula gesekan yang perlu ditingkatkan seperti pada rem dan kopling. Jenis-jenis material yang berbeda digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang berbeda dalam mensikapi gesekan ini. Bagian-bagian mesin tersebut dioperasikan dalam keadaan kering untuk meningkatkan gesekan atau dengan memberikan pelumasan untuk mengurangi gesekan.

Bearing merupakan komponen dari benda berputar yang berfungsi untuk memperkecil bidang gesek antara 2 benda, misalkan antara poros dengan dudukannya. Secara umum bearing ini menggunakan media lain yang digunakan sebagai media gesek. Bentuk media yang digunakan juga bermacam-macam seperti model belah, bola (ball), roller atau bentuk jarum (needle). Penggunannya juga berbeda-beda sesuai dengan besarnya beban dan arah beban gesekan yang diterima oleh media gesek tersebut.

Apa jenis material yang mempengaruhi gesekan 4.5 5 om Selasa, 17 Februari 2015 Bearing Seal Dan Gasket Dalam sebuah pergerakan, gesekan merupakan hal yang lumrah terjadi. Gesekan adalah gaya yang melawan gerakan suatu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.